Calon Sarjana FKIP Unswagati Dibekali SII

CIREBON- Ratusan calon sarjana dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon diberi bekal Studi Islam Intensif (SII) selama 2 hari, Senin-Selasa (25-26/7). Dilaporkan Ketua Panitia H Komarudin, Drs., M.Pd SII ini dimaksudkan untuk mendorong karakter disiplin, akhlak mulia serta keseimbangan antara intelektual, emosional dan spiritual mahasiswa. Jumlah peserta sebanyak 844 peserta, dari matematika 235 mahasiswa, Bahasa Indonesia 186, Bahasa Inggris 257 dan Pendidikan Ekonomi 166 mahasiswa.
Rektor Unswagati Prof Dr H Rochanda Wiradinata, MP saat memberikan sambutan sekaligus memberikan arahan menyampaikan bahwa antara ilmu, amal dan syiar saja tidak cukup dan Imam Al Ghazali masih menganggap orang tersebut binasa, sebelum dilengkapi dengan ikhlas. “Antara pengembangan kelimuan atau IQ, Emosional atau EQ dan Spiritual atau SQ harus terintegrasi.
“Pendidikan harus memberikan kepuasan rohaniah dan sesuai dengan ajaran Islam maka esensi dari potensi manusia itu terletak pada keimanan/keyakinannya, ilmu pengetahuan, akhlak/moralitas dan pengamalannya. Dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan agama Islam bagi mahasiswa tingkat akhir akan mengakhiri masa pendidikan di FKIP, memantapkan aqidahnya serta member motivasi tentang konsep bekerja,” ujar Prof Djohan—panggilan akrab rektor.
Sementara Dekan FKIP Unswagati Prof Dr H Abdul Rozak, M.Pd menyampaikan bahwa SII ini untuk memberikan wawasan dan pengalaman belajar tambahan bagi calon sarjana agar mereka juga benar-benar telah mempersiapkan diri selain kelimuan juga tentang aspek keagamannya. “Peserta harus mampu menumbuhkan semangat untuk segera menyelesaikan pendidikannya dan menentukan arah masa depannya,” pungkasnya. Hadir dalam pembukaan SII tersebut, Wakil Dekan 1 Dr Dede Endang Mascita, M.Pd. Wakil Dekan II Drs H Ena Suhena Praja, M.Pd, Wakil Dekan III Ferry Ferdianto, S.T., M.Pd., para ketua prodi serta dosen di lingkungan FKIP serta panitia .(mj)