FKIP Unswagati Mengajar di Udara

CIREBON Mengajar merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unswagati Cirebon, demikian pula halnya prodi pendidikan Bahasa Inggris. Sebelum mahasiswa melewati wisuda kesarjanaan mereka terus digebleng dalam hal menyampaikan materi / mengajarnya, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Walaupun lulusan FKIP tidak selamanya harus menjadi seorang guru.

Media radio (RRI Pro 1 Cirebon) dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris untuk mengajarkan bahasa Inggris di udara. Pengajaran bahasa Inggris yang dikemas melalui siaran radio merupakan langkah pengajaran yang inovatif, hal ini disebabkan jangkauan dari siaran radio (RRI) sangat luas sehingga diharapkan banyak masyarakat yang terbantu dengan program yang dilaksanakan ini.

Hari rabu setiap pekannya merupakan waktu para mahasiswa bahasa Inggris untuk melakukan siaran di Pro 1 RRI Cirebon yang berlamat di jalan Brigjen Darsono no 22 Cirebon, berbagai tema disajikan dalam setiap siarannya, para mahasiswa pendidikan bahasa inggris menjadi pengisi acaranya.

Pengajaran yang dilakukan menggunakan media radio ini diharapkan menjadikan para mahasiswa kreatif dalam mengambangkan pola pengajaran terhadap ilmunya masing-masing dan menjadi tantangan tersendiri. Selain itu siaran tidak hanya dapat dilakukan oleh prodi pendidikan bahasa inggris saja, melainkan seluruh prodi yang ada di FKIP Unswagati Cirebon.

Melihat peluang demikian, maka pihak Fakultas (FKIP) sedang mencoba mengadakan kerjasama secara resmi dengan pihak RRI Cirebon. Sehingga prodi yang lain dapat ikut berpartisipasi dalam program pengajaran di udara ini (pei).

 

80 replies

Comments are closed.