berita

ALHAMDULILLAH... SEMUA JURNAL FKIP UGJ TELAH TERAKREDITASI

Berita gembira datang dari pengelola jurnal di lingkungan FKIP UGJ. Dua jurnal telah berhasil meraih akreditasi, artinya semua jurnal di FKIP telah terakreditasi. Dua jurnal tersebut adalah RILL dan Caruban.

Research and Innovation in Language Learning  (RILL) terbit pertama kali tahun 2018, RILL sukses lolos desk evaluation tim akreditasi DIKTI pada 11 Oktober 2019 dan berhasil menduduki peringkat Sinta 3. RILL merupakan Jurnal yang didedikasikan untuk menjadi jurnal internasional. Seperti yang dikemukakan Dr. Misdi, M.Pd. selaku ketua tim editor, RILL menerima kiriman naskah yang mengkaji bidang bahasa dan pembelajarannya, termasuk bahasa Inggris di dalamnya.

Dan yang kedua, Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar merupakan jurnal dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Swadaya Gunung Jati. Iis Yeni Sugiarti, M.Pd selaku ketua editor menyatakan bahwa Caruban diberi kesempatan untuk mengikuti Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Elektronik yang diselenggarakan oleh Panitia Percepatan Akreditasi Jurnal Ristekdikti kerjasama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal dan UIKA pada tanggal 2-4 Oktober 2019 di Bogor. Hasil dari kegiatan workshop Caruban berbenah diri pada substansi dan manajemen jurnal untuk proses akreditasi. Disamping itu pula Caruban dibantu oleh seniornya untuk memperoleh akreditasi Sinta.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti No. 30/E/KPT/2019 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah periode VI Tahun 2019 Caruban memperoleh peringkat Sinta 5 dan RILL peringkat Sinta 3. Ketua Editor Caruban dan RIIL berusaha untuk meningkatkan peringkatnya pada tahun selanjutnya. 

Berikut tautan 7 jurnal yang telah terakreditasi sinta.

1. Jurnal Deiksis (Sinta 4): http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Deiksis 

2. Jurnal Prespective (Sinta 4): http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/perspective

3. Jurnal RILL (Sinta 3): http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/rill

4. Jurnal Edunomic (Sinta 5): http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/Edunomic

5. Jurnal Caruban (Sinta 5): http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/caruban

6. Jurnal Euclid (Sinta 3): http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/euclid

7. JNPM (Sinta 3): http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jnpm

Sumber : Misdi dan Iis