berita

Dosen FKIP UGJ lakukan Lesson Study Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Psembelajaran di Kelas

Reporter: Sri Asnawati, M.Pd.

UGJ Cirebon menggelar Lesson Study Dosen pada semester genap tahun akademk 2018/2019 sebagai bagian dari Tri Dharma pada bidang pengajaran. Kegiatan ini adalah bagian dari implementasi hibah Lesson Study Internal yang diterima oleh Pak Jajo Firman Raharjo, S.Pd., M.Pd, dan Pak Ferry Ferdianto, ST., M.Pd serta Tim dosen FKIP UGJ Cirebon.

Pada Lesson Study para dosen melakukan siklus PLAN-DO-SEE. Saat kegiatan “PLAN” para dosen merancang pembelajaran bersama dosen lain untuk menciptakan grand desain yang baik yang ditekankan pada bagaimana mahasiswa belajar dan bagaimana pembelajaran itu berkualitas. Saat sesi “DO” tim dosen menggelar open class dengan pembelajaran yang dirancang dengan inovatif. Tterdapat juga proses observasi dari para observer saat open class. Observer adalah dosen lain yang ikut mengobservasi bagaimana mahasiswa belajar. Mereka saling menajamkan mata dan pendengarannya untuk mengamati kegiatan mahasiswa baik saat diskusi atau menerima perkuliahan. Selanjutnya setelah pembelajaran selesai para dosen melakukan kegiatan “SEE” dimana tahapan ini merefleksikan temuan-temuan selama observasi berlangsung. Temuan tersebut dibahas bersama dalam forum diskusi.

Hasil refleksi ini sangat penting dan dapat dijadikan acuan untuk merancang lagi pembelajaran yang lebih baik dan mengantisipasi kekurangan-kekurangan dalam temuan yang diperoleh saat mengobservasi open class. Harapannya dengan hadirnya kegiatan Lesson Study ini terbentuklah komunitas dosen yang konsisten yang selalu terbuka untuk sharing ilmu, sharing pengalaman, sharing strategi mengajar yag berfokus pada bagaimana menciptakan pembelajaran yang inovatif. Saling sharing ide dan menciptakan pembelajaran-pembelajaran yang kreatif berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya dan meningkatkan kualitas pembelajaran di FKIP UGJ pada khususnya.

Sumber : Prodi Pend Matematika