berita

Empat Jurnal FKIP UGJ telah Terakreditasi

Bertempat di Hotel Harris, Ciumbeleuit, Bandung, berlangsung “Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Terakreditasi”, 16-19 Mei 2019. Pihak LIPI Dr. Lukman mengatakan bahwa pengelola jurnal yang terpilih kegiatan ini berpotensi untuk naik peringkat akreditasi. Workshop ini merupakan kelanjutan dari workshop dengan judul yang sama di Tasikmalaya. Kegiatan ini merupakan upaya dari Ristek Dikti untuk memberikan asistensi kepada pengelola-pengelola jurnal untuk meningkatkan kualitas substansi dan manajemen jurnal, sehingga menaikan peringkat jurnal di sinta. Kegiatan ini diikuti oleh 50 pengelola jurnal di Indonesia, setelah menyisihkan hampir 400 pengelola yang mendaftar.

Di UGJ sendiri terdapat empat jurnal yang telah terakreditasi, diantaranya: Prespective dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Sinta 5), Jurnal Edunomic dari Prodi Pendidikan Ekonomi (Sinta 5), Euclid (Sinta 3) dan JNPM (Sinta 4) dari Prodi Pendidikan matematika. Pada kesempatan ini, Prof. Slamin selaku asesor juga mengatakan apabila JNPM dan Euclid dapat mempertahankan dan menjaga kualitas substansi dan manajemen jurnal maka tahun depan dapat naik peringkat sinta 2. Kenaikan peringkat jurnal ke Sinta 1 dan 2 akan membantu dosen-dosen untuk naik jabatan ke Lektor Kepala ataupun Guru Besar, baik di dalam ataupun diluar institusi. Sehingga pengelola jurnal memang mempunyai peranan penting dalam karir dosen.

Diinformasikan juga tentang program FKIP UGJ di tahun 2019 antara lain dari 6 jurnal di FKIP UGJ, posisi saat ini ada 4 jurnal yang telah terakreditasi sinta dan diantaranya 3 jurnal telah terindeks lembaga bereputasi sedang seperti DOAJ (Deiksis, Euclid, dan JNPM), target sampai akhir tahun ini adalah semua jurnal telah terakreditasi.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan oleh LIPI melalui Dr. Lukman bahwa jurnal yang berada di peringkat sinta 1 akan menerima dana insentif sebesar 50 juta dan peringkat sinta 2 akan mendapat dana sebesar 25 juta. Kegiatan ini juga berisi penjelasan tentang membuat substansi dan managemen jurnal yang baik, tata cara pengajuan akreditasi, syarat naik peringkat akreditasi, dan lain-lain. Kegiatan  di akhiri dengan diskusi dan pendampingan oleh narasumber pada masing-masing pengelola jurnal yang hadir.

 

Sumber : FKIP