berita

Jurnal Deiksis Raih Peringkat Sinta IV

Jurnal Deiksis program studi pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Swadaya Gunung Jati  (UGJ) yang menggunakan OJS (Open Journal System) untuk pertama kalinya mendapatkan akreditasi versi Science dan Technology Index (Sinta)  dari Direktora Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan mendapati peringkat 4. Hal ini sesuai dengan surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 23/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode IV tahun 2019, tanggal ditetapkannya 8 Agustus 2019. Dikti telah memiliki 6 peringkat akreditasi jurnal, mulai dari SINTA 1 sampai dengan SINTA 6.

Kepala Editor Jurnal Deiksis Mudopar, M.Pd. mengatakan tahun 2019 menjadi titik awal untuk Deiksis lebih dikenal di dunia pendidikan melalui karya ilmiah dan memberikan kontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Akreditasi ini merupakan wujud penghargaan untuk Jurnal Deiksis yang terus berupaya meningkatkan kualitas publikasi sekait hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Diharapkan dengan akreditasi ini mampu meningkatkan semangat penulis jurnal mulai dari guru, dosen, peneliti, maupun mahasiswa untuk mengembangkan penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat.

 Pencapaian ini  dikatakan Mudopar tidaklah mudah. “Indikator penilaian jurnal berbasis online  mulai penerbitan jurnal secara berkala, kualitas artikel, sistem yang pengelolaan yang baik,  harus dipenuhi agar mandapat penilaian yang baik,” jelas Mudopar. Ia juga mengatakan bersama timnya akan terus meningkatkan kualitas jurnal sehingga di tahun berikutnya Deiksis dapat naik peringkat menjadi Sinta 2. (mdk)

Sumber : FKIP