berita

MAHASISWA FKIP UGJ SIAP MENJADI CALON GURU PROFESIONAL MELALUI PROGRAM PLP II DI BEBERAPA SEKOLAH WILAYAH CIAYUMAJAKUNING

UPT PPG FKIP UGJ

Pada hari selasa 6 Agustus 2019 Wakil Rektor III, Dr. Ipik Permana, M.Si, melepas para mahasiswa FKIP UGJ pada pelaksanaan program PLP II di sekolah di beberapa wilayah diantaranya Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan yang diikuti oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi Akutansi, dan Program PGSD.

Selama dua bulan para mahasiswa di ‘gembleng’ tentang pengetahuan hal-hal yang menyangkut persekolahan seperti proses pembelajaran, evaluasi, metodologi pengajaran, administrasi sekolah, dan lainnya.  Proses pembelajaran yang didapat para mahasiswa, implementasi teori yang didapat diperkuliahan pada praktek, diharapkan sebagai bekal menjadi guru professional.

Untuk diketahui, Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) adalah tahapan kedua dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan yang dilaksanakan pada semester ketujuh. Sebagai tahap lanjutan dari PLP I, PLP II dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah.

Capaian Pembelajaran pada PLP II yaitu untuk memperkuat dan mengintegrasikan kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, penguasaan bidang keilmuan dan/atau keahlian, dan kepribadian, dan untuk memberikan kesiapan calon pendidik.

Dekan FKIP Prof. Dr. H. Abdul Rozak, M.Pd menegaskan bahwa mahasiswa kami harus bisa memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Sumber : FKIP