berita

Prodi DIKSATRASIA FKIP UGJ Adakan Tes UKBI dan Seminar Kebahasaan

Tidak hanya tes toefl Bahasa Inggris yang diperlukan untuk calon guru saat ini, penguasaan bahasa Indonesia juga perlu. Apalagi diperuntukan calon guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Untuk itu Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), bekerjasama dengan Balai Bahasa Jawa Barat, mengadakan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) di kampus FKIP UGJ Cirebon, Kamis, (22/8).

UKBI sebagai alat uji untuk mengukur kemahiran penutur bahasa Indonesia, baik penutur yang merupakan warga negara Indonesia maupun warga negara asing. Uji Kemahiran Bahasa Indonesia itu diikuti sekitar 113 mahasiswa tingkat 4. Kegiatan ini merupakan program rutin setiap tahun yang diselenggarakan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia UGJ dan diperuntukan wajib kepada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia yang akan mengikuti sidang skripsi.

Adapun materi tes UKBI terdiri atas tiga seksi, Seksi pertama, yaitu mendengarkan, bertujuan menguji keterampilan seseorang dalam memahami dengaran. Seksi kedua, yaitu merespons kaidah, bertujuan menguji pemahaman kaidah dan tata bahasa Indonesia. Seksi ketiga, yaitu membaca, bertujuan menguji keterampilan seseorang dalam memahami bacaan. Peserta tes yang telah menyelesaikan UKBI nantinya akan mendapatkan sertifikat. Di dalam sertifikat ini tertera hasil UKBI yang telah dicapai. Adapun hasil UKBI secara keseluruhan terbagi menjadi tujuh peringkat (predikat), yaitu peringkat I (Istimewa), peringkat II (Sangat Unggul), peringkat III (Unggul), peringkat IV (Madya), peringkat V (Semenjana), peringkat VI (Marginal), dan peringkat VII (Terbatas).

Selain itu pada hari yang sama juga diadakan seminar kebahasaan yang bertajuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 dengan pemateri Sudaryanto, M.Pd dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan Jimat Susilo, M.Pd. dari UGJ Cirebon. (mdk)

Sumber : FKIP