berita

Seminar Hasil Studi Desa Wisata Pentingsari dari Perspektif Ilmu Alam Kebumian serta Ilmu Sosial Budaya

Kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan bekerja sama dengan Hima PGSD Unswagati, dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 4 Maret diakhiri dengan kegiatan Seminar. Seminar Hasil Studi Desa Wisata Pentingsari dari Perspektif Ilmu Alam Kebumian serta Ilmu Sosial Budaya, merupakan kegiatan ekspos hasil PKL yang diselenggarakan oleh mahasiswa PGSD UGJ dan dihadiri oleh para dosen pembimbing berserta dosen-dosen PGSD UGJ.


Seminar hasil PKL diawali dengan sambutan-sambutan dari Kaprodi PGSD UGJ dan dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UGJ. Kegiatan Seminar hasil PKL memaparkan aspek-aspek Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kebahasaan, Kebudayaan, dan Pemerintahan yang didapat di Desa Pentingsari Jogjakarta yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar. 


Pemaparan materi seminar terbagi menjadi lima kelompok meliputi, Kelompok 1 Studi Lingkungan Desa Pentingsari Kabupaten Sleman Jogjakarta sebagai Sumber Pembelajaran IPA di SD. Kelompok 2 Studi Lingkungan Desa Pentingsari Kabupaten Sleman sebagai Sumber Pembelajaran IPS di SD. Kelompok 3 Studi Pemerintahan dan Tradisi Desa Wisata Pentingsari sebagai pembelajaran PKN di SD. Kelompok 4 Nilai-nilai Kearifan Budaya Rumah Joglo (Artefac) dan Falsafah Kehidupan (Budaya Mantifacts) pada Komunitas Desa Wisata Pentingsari sebagai Sumber Pendidikan Karakter di SD. Kelompok 5 Studi Penggunaan Bahasa Daerah dan Nasional dalam Kehidupan Sehari-hari maupun Kegiatan Pendidikan di Sekolah Dasar Desa Wisata Pentingsari dan Sekitarnya. Seminar hasil PKL diselenggarakan dengan harapan, ilmu atau pengetahuan yang didapat dari kegiatan PKL ke Jogjakarta dapat disampaikan dan bermanfaat bagi audiens tentunya dalam perspektif sumber belajar untuk Sekolah Dasar.
 

Sumber : PGSD