berita

STUDY WISATA  FKIP UGJ CIREBON TAHUN 2019

(FKIP UGJ 4 Juli2019) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UGJ Cirebon  tanggal 28 Juni sampai dengan 1 Juli 2019  mengadakan studi wisata di Yogyakarta dan Magelang. Tujuan studi wisata tersebut adalah untuk memperluas jaringan kerjasama antar perguruan tinggi di Indonesia, meningkakan wawasan dan pengetahuan tentang dunia pendidian tinggi,  serta memperkuat  kebersamaan dan integritas sumber daya manusia di fakultas. Untuk mencapai tujuan tersebut  studi wisata  diisi dengan berbagai kegiatan.


Kegiatan pertama, sudi banding di  FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.  Kegiatan ini diisi dengan dialog antar pejabat struktural kedua institusi, dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangan oleh Dekan FKIP UGJ  Cirebon Prof. Dr. H. Abdul Rozak,M.Pd dan Dr. Trikinasih Handayani,M.Si sebagai Dekan FKIP UAD Yogyakarta.  Dilanjutkan dengan peninjauan sarana dan prasarana  serta fasilitas pembelajaran di kampus tersebut.
Kedua, Family Gathering  kegiatan ini diorientasikan untuk memperkuat dan memelihara kebersamaan dan integritas baik dosen maupun tenaga kependidikan di lingkungan FKIP UGJ Cirebon. Untuk tujuan tersebut maka kegiatan rekreasi di arahkan pada destinasi-destinasi wisata yang memiliki kaakteristik dapat membangun kebersamaan dan mempererat  kekeluargaan. Seperti lava tour  dimana pimpinan, dosen dan karyawan membaur dalam kebersamaan dengan menggunakan kendaraan jeep terbuka untuk  menjelajah kawasan dampak letusan  Gunung Merapi tahun 2010.  


Family Gathering juga diisi dengan mengunjungi destinasi  wisata milenial De Mata di Kota Yogyakarta. Melalui wisata ini para peserta  Family Gathering saling beradu acting dengan menanggalkan kedudukan dan jabatan yang mereka sandang, sehingga suasana sangat cair dan penuh keakraban.  Untuk membangun kerbesamaan dan kerjasama para peserta juga diaajak untuk menjelajah  Gua Pindul salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul. Dengan saling bergandengan tangan satu sama lain mereka menyatu di bawah arahan  pemandu untuk mengarungi  gua kapur yang di dalamnya mengalir air sungai bawah tanah. Mereka harus berpegangan erat satu sama lain, agar dapat selamat mencapai tujuan. 
Peserta Family Gathering  juga dibawa ke kawasan Destinasi Wisata Tebing Breksi di Desa Sambirejo Prambanan Sleman. Sebelum menikmati indahnya sunset yang begitu mempesona. Mereka disuguhi  dihamparan bebatuan kapur serta candi-candi peninggalan peradaban Hindu Budha kerajaan Mataram Kuno di Jawa,   para dosen dan tenaga kependidikan  diuji nyali  menjelajah jalan bebatuan tak beraspal (offroad)  dengan menggunakan  Jeep terbuka untuk mengarungi kawasan  Tebing Breksi dan sekitanya sambil menikmati Candi-candi kuno dan Panorama Yogyakarta di kala senja.
Pada akhir wisata, para peserta Family Gathering ditantang untuk rafting  di Kali Elo Magelang. Mereka  menggunakan perahu karet yang diisi oleh  4 atau  6 orang terdiri dari pejabat struktural fakultas,  dosen dan tenaga kependidikan.  Mereka harus kompak dan bekerja sama mendayung perahu karet yang mereka tumpangi  untuk mengarungi Kali Elo yang berjeram sepanjang  ± 13 Km dengan lama perjalanan ± 2 jam.  Mereka harus bersinergi dengan baik agar perahu tidak terbalik atau  terdampar di bebatuan yang terhampar di sepanjang sungai. 


Studi Wisata FKIP UGJ Cirebon Tahun 2019, insha Allah sangat bermanfaat untuk mengembangkan wawasan lembaga pendidikan tinggi lain, membangun kebersamaan dalam perbedaan, serta  membangun integritas untuk kebesaran lembaga. Karena studi wisata ini didalamnya sarat dengan nilai-nilai edukatif, produktif dan rekreatif, semoga kegiatan ini membawa berkah dan limpahan rahmat dari  Allah SWT, aamiin.  
 

Sumber : FKIP