berita

UGJ Sukses!! Perlombaan Hadroh dan Paduan Suara (Padus) Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat Sewilayah III Cirebon dan Tingkat Prodi.

Dalam Rangka Dies Natalis UGJ (Dulu Unswagati, sekarang UGJ) yang ke-59, UGJ menyelenggarakan festival seni budaya yang salah satunya adalah Lomba Hadroh dan Paduan Suara Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat Sewilayah III Cirebon dan Tingkat Prodi di Lingkungan UGJ. Perlombaan ini dilaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 14 Januari 2020. Tempat pelaksanaan lomba ini di lantai 2 gedung baru kampus 2 FKIP UGJ Cirebon. Puluhan sekolah ambil bagian dalam acara ini. Terlihat semarak berbagai macam kostum menghiasi kemeriahan acara tersebut. Peserta datang dari berbagai daerah sewilayah III Cirebon. Pada lomba Hadroh juara 1 diraih oleh SMK Pertiwi Kuningan. Menurut penilaian salah satu juri pada grup yang bernama Shoutull Hub (dari SMK Pertiwi Kuningan) berhasil menjadi juara 1 karena Fasohah (Artikulasi Arab yang mantap), aransemen yang syahdu, kreasi vocal yang bagus, vokalis beroktaf tinggi yang maksimal baik suara rendah maupun tinggi dan kostum yang indah. Sebagai juara II diraih oleh grup hadroh dari MAN 1 Kabupaten Cirebon. Sedangkan Juara III diraih oleh MA Assadiyyah Takhassuss Al-Quran Gedongan Cirebon.

Tidak kalah meriah, dihari kedua digelar 2 lomba yaitu lomba paduan suara antar SMA/SMK/MA Sederajat sewilayah III Cirebon dan lomba paduan suara antar prodi di lingkungan UGJ. Warna-warni kostum menghiasi kompetisi tersebut. Terlihat bahwa peserta sangat all out menyiapkan tampilan dan kostum . Beberapa diantaranya berkostum Bali, Papua, Dayak, Sunda, Jawa, dan lain sebagainya. Pada lomba Padus antar SMA Sederajat, persaingan sangat ketat. Terlihat penampilan peserta pada saat tampil sangat total. Peserta juga menampilkan koreografi dan tarian-tarian yang menarik. Muncul sebagai juara pertama adalah grup Padus Smansa Choir dari SMA N 1 Kuningan. Grup Padus ini membawakan lagu jangger dari Bali dengan cukup attractive. Dinamika suara yang baik ditopang dengan koreografi dan kostum Bali yang menarik. Juara II diraih oleh grup Padus Smansaba Choir dari SMAN 1 Babakan. Sedangkan juara III diraih oleh SMK N 1 Kedawung. Dalam hal ini, para pemenang lomba memperoleh piala, uang pembinaan dan piagam penghargaan.

Lomba paduan suara antar prodi juga berlangsung sangat meriah. Prodi-prodi di lingkungan UGJ ternyata banyak yang memiliki grup paduan suara yang baik. Telah bertanding sebanyak 15 prodi untuk bersaing ketat memperebutkan juara. Tidak hanya olah vocal saja yang dinilai, tetapi keselarasan koreo dan kostum peserta juga menjadi penilaian. Tampil sebagai juara 1 adalah prodi pendidikan dokter. Grup ini membawakan lagu dengan sangat menarik yaitu sik-sik si batumanikam dengan penuh kreativitas. Juara II diraih prodi ilmu administrasi Negara dan Juara III diraih oleh prodi Manajemen. Dalam hal ini, panitia menyerahkan keputusan juara kepada juri-juri yang sangat kompeten di bidangnya.

Dengan adanya kegiatan lomba ini, diharapkan UGJ semakin menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu Universitas terbaik di wilayah Cirebon yang tidak hanya unggul di bidang akademik saja, melainkan mengeksplorasi seni dan budaya sebagai kebanggan masyarakat Cirebon.

Sumber : Iin Wariin B