berita

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN-MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SIAP MENJADI LULUSAN YANG BERKUALITAS

CIREBON-(31/1) Penyelenggaraan Tes Uji Kompetensi Akuntansi merupakan salah satu cara untuk mencetak mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UGJ yang berkompeten. Universitas sebagai institusi pendidikan formal tentunya berkewajiban untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill) yang dilakukan sedemikian rupa melalui sebuah pembelajaran teori maupun praktik. Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing tinggi diharapkan mampu membantu mahasiswa untuk mendapatkan banyak peluang pekerjaan.

Uji kompetensi akuntansi yang diselenggarakan langsung oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) wilayah Jawa Barat selain dijadikan sebagai salah satu syarat sidang bagi mahasiswa juga sebagai upaya untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi mahasiswa di bidang akuntansi. Pelaksanaan uji kompetensi oleh IAI ini dimaksudkan agar hasil uji tingkat penguasaan kompetensi peserta memiliki standardisasi yang diakui secara nasional. Adapun hasil uji yang memiliki standardisasi yang diakui secara nasional ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan nilai jual lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UGJ.

Adapun uji kompetensi ini dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 yang diikuti oleh 103  peserta dengan Persentase kelulusan sebesar 66% dari total peserta yang mengikuti. Perolehan nilai tertinggi diraih oleh Arum Sari Mahasiswa Pendidikan Ekonomi tingkat 3A dengan nilai akhir 97,25. Dengan demikian, melalui uji kompetensi yang telah diselenggarakan mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UGJ terbukti mempunyai daya saing yang cukup tinggi dalam mencari lapangan pekerjaan dibidang pendidikan ataupun non pendidikan.

Mahasiswa yang lulus selanjutnya akan diberikan sertifikat kompetensi. Adapun yang belum lulus dapat mengikut ujian perbaikan (remedial) untuk skema sesi yang belum lulus saja. Maka dengan demikian bagi yang belum lulus sekalipun akan diberikan surat keterangan bahwa yang bersangkutan telah mengikuti uji kompetensi akuntansi.

Menurut Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UGJ, uji kompetensi akuntansi ini sangat penting agar mahasiswa dapat memiliki sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazahnya. Oleh karena itu bagi mahasiswa yang belum lulus diharapkan untuk dapat mempersiapkan lagi untuk mengikuti uji kompetensi perbaikan.

Sumber : Enceng Yana, S.Pd., M.Pd.