berita

Workshop Pemanfaatan Google Form Untuk Guru SMPN Greged Cirebon

Pada saat ini, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berkembang bagi transformasi dunia pendidikan dalam beberapa tahun terakhir ini –dengan diistilahkan Revolusi industri 4.0. Istilah tersebut telah memberikan dorongan baru memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi yang meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Hal ini berimbas pada guru-guru yang tidak biasa menjadi harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penguatan dan pengembangan aspek utama pendidikan seperti konten, pedagogi dan manajemen pendidikan.  Pengembangan teknologi pada proses pembelajaran sangat berperan penting yaitu sebagai ‘penyegaran’ kreatifitas guru berekspresi keilmuannya, salah satunya penerapan perangkat lunak (software) program Google Form.


Google form merupakan program fasilitas dari google diperuntukkan membuat soal ataupun membuat kuisioner secara online bisa melalui komputer atau android.  Keuntungan dari program tersebut guru tidak perlu mengawas dan siswa bisa mengerjakan dimana saja dan kapan saja dengan ketentuan yang diberikan oleh guru tersebut. Kegiatan pengembangan kreatifitas ini diberikan dalam bentuk workshop untuk para guru di SMPN Greged Kabupaten Cirebon dibimbing oleh Neneng Aminah, SPd., M.Pd, dan Surya Amami, M.Si. sebagai dosen Pendidikan Matematika pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon.

Sesi Foto Bersama


“Saya dan beberapa dosen dari FKIP UGJ rutin melakukan kegiatan PKM dalam bentuk workshop atau pelatihan kepada para guru ataupun masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan. Hal ini didasari kewajiban dosen untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi”, penjelasan dari Neneng Aminah, S.Pd, M.Pd. selanjutnya Surya Amami, M.Pd. menambahkan, “sudah selayaknya kita berbagi ilmu, toh berbagi merupakan bentuk ibadah kita sebagai pendidik.”


Workshop penerapan TIK dalam pembelajaran yang dilaksanakan berbasis teori dan praktek dilaksanakan di SMPN Greged Kabupaten Cirebon pada hari Jumat, 3 Mei 2019. Workshop tersebut diikuti oleh semua guru dari semua mata pelajaran (40 guru) yang merupakan guru di SMPN Greged Kabupaten Cirebon. Ibu kepala sekolah, Romlah, M.Pd merasa senang dengan kegiatan ini. Hal ini diungkapkan beliau bahwa, “dengan adanya kegiatan ini, secara tidak langsung membantu saya sebagai kepala sekolah untuk membangun kreatifitas guru mengembangkan keilmuannya melalui teknologi.

Saya terus mendorong mereka (para guru) untuk merubah mind-set peroses pembelajaran mereka dengan yang berkualitas, salah satunya menerapkan TIK disetiap proses pembelajaran”. senada dengan ibu kepala sekolah, salah satu guru pelajaran Matematika menegaskan, “kami butuh penyegaran untuk mencurahkan kemampuan kami dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan pelaksanaan workshop merupakan salah satu pintu kami buat membuka kemampuan kami, terima kasih ibu bapak dosen FKIP UGJ”.
 

Sumber : FKIP