926w8

Kaprodi PGSD Raih Doktor

Kaprodi PGSD FKIP Unswagati RaihDoktor

**Penelitian Tentang StudiEtnopedagogi Tradisi Keraton Kasepuhan

CIREBON-Universitas Swadaya GunungJati (Unswagati) Cirebon terus mendorong peningkatan kualitas sumber dayamanusia (SDM) dosennya. Salah satu  dosen senior di Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unswagati,  Dr H Iin Wariin Basyari, M.Pdyang juga Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) , Selasa(5/4) berhasil meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinyadi hadapan Sidang Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia(UPI)  Bandung.

Dr. Iin yang dalam disertasinyadengan judul Transformasi Nilai Sosial Budaya dalam Kurikulum dan PembelajaranIPS tersebut  dalam penelitiannya melakukan Studi Etnopedagogi mengenaitransformasi tradisi Keraton Kasepuhan Cirebon pada Pembelajaran IPS di SMPKota Cirebon. Ayah beranak tiga yang sudah menjadi dosen di Unswagati sejaktahun 1984 itu mantap menjawab seluruh pertanyaan para guru besar.

Hadir dalam siding tersebut, RektorUnswagati Prof Dr Rochanda Wiradinata, MP., Dekan FKIP Prof Dr H Abdul Rozak,M.Pd, Wakil Rektor II H Acep Komara, Drs SE M.Si, Wakil Rektor  IIIDudung Hidayat SH MH, Wakil Rektor IV H Nasir Asman, Drs MM, para Wakil DekanFKIP, serta para dosen dan keluarga Dr Iin Wariin.

Rektor Unswagati Prof Dr H RochandaWiradinata menyampaikan selamat atas raihan gelar doktor H Iin Wariin Basyari.Dari segi kelimuan dan kepakaran, sambung rektor Dr Iin Wariin adalah sosokyang konsisten dalam pengembangan keilmuan. Beliau merupakan salah satukebanggaan Unswagati, teladan dalam kelimuan dan istiqomah dalam pengembangankelimuannya, katanya.

Sementara Dekan FKIP Unswagati ProfDr H Abdul Rozak mengungkapkan bahwa FKIP Unswagati sejalan dengan misiUnswagati yang ingin terus meningkatkan kualitas SDM. Saat ini, sambung ProfAbdul Rozak, di FKIP ada 22 yang sedang menempuh pendidikan doktor dan tahunini juga ada lagi yang akan selesai. Tidak hanya itu, sambung dia, tahun inijuga akan ada 6 orang yang akan melanjutkan ke jenjang S3 tentunyaini  menjadi motivasi bagi para dosen junior untuk meningkatkankualitas akademik.

Dengan meningkatnya kualitasakademik maka kualitas pembelajaran di FKIP akan meningkat dan kualitas lulusanjuga meningkat. Dengan peningkatan kualifikasi akademik ini kualitaspembelajaran di kelas juga berbeda yakni terdapat hal yang mutakhir sejalandengan perkembangan dan pengembangan keilmuan. Kalau lulusan FKIP berkualitasmaka akan melahirkan guru berkualitas dan pendidikan berkualitas maka akanmenunjang pendidikan berkualitas yang pada akhirnya akan melahirkan bangsa yangberkualitas. FKIP sebagai LPTK yang terbesar akan terus memberi kontribusi.Semoga Pak Doktor Iin tidak berhenti berkiprah hingga pada jabatan akademiktertinggi,  guru besar, pungkasnya.(*)

 

886 replies

Comments are closed.