Gambaran Umum

        Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unswagati Cirebon merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki komitmen  menghasilkan guru Sekolah Dasar  yang profesional serta  memiliki kecintaan terhadap  nilai-nilai seni dan budaya daerah.  Profil Lulusan  Prodi PGSD Unswagati adalah (1) pendidik  berkarakter kebangsaan, (2) Guru kelas di sekolah dasar, (3) Analisis kurikulum dan pembelajaran sekolah dasar, (4) Pembina ekstrakurikuler sekolah dasar dan (5) Transformator Seni dan Budaya Daerah.

        Menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Diperkuat dengan tiga kelompok mata kuliah pilihan terdiri dari kelompok mata kuliah  Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya Daerah serta  Bahasa Inggris Anak Usia Sekolah Dasar. Setiap konten kurikulum  memasukkan nilai-nilai kearifan lokal untuk kepentingan kurikuler maupun    dalam kegiatan ekstrakurikuler. Masuknya unsur nilai-nilai kearifan lokal dalam kurikulum dan pembelajaran merupakan  komitmen Prodi PGSD dalam  menagngkat Seni dan Budaya Daerah menuju kehidupan yang mengglobal.

       Kegiatan  pembelajaran mengkombinasikan antara sumber belajar konvensional dengan  sumber belajar yang  berbasis  riset serta memanfaatkan teknologi informatika sebagai fasilitator dan sumber belajar. Sistem ini mendorong terciptanya proses   Student Centered Learning (SCL) di mana mahasiswa dibawah bimbingan dosen dapat mengeksplorasi dan mengembangkan minat dan bakatnya secara maksimal.

       Program Studi PGSD Unswagati Cirebon dilengkapi  sarana dan prasarana pendidikan yang memadai sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi. Gedung  berlantai tiga, ruang belajar be-AC, laboratorium micro teaching, laboratorium bahasa, serta laboratorium pebelajaran IPA dan IPS. Sarana penunjang lainnya  meliputi fasilitas  olah raga, kesenian, perpustakaan serta sistem jaringan internet yang luas dan kuat sehingga tercipta suasana akademik di lingkungan kampus.

       Program studi PGSD Unswagati Cirebon didukung pula oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang professional. Semua dosen telah memenuhi standar kualifikasi  serendah-rendahnya berpendidikan lulusan jenjang pendidikan S2.

No. Nama Dosen Jabatan
1 Prof. Dr. Hj. Mientarisih Danumihardja,M.Pd. Guru Besar
2 Dr. H. Iin Wariin Basyari,M.Pd. Lektor Kepala
3 Dr. Iyai Robia Khaerudin, M.Pd. Lektor Kepala
4 Tarmidzi, S.Si.,M.Pd. Asisten Ahli
5 Dina Pratiwi D.S. M.Pd. Asisten Ahli
6 Naila Trenawati,S,Si.M.Pd. Asisten Ahli
7 Auliya Aenul Hayati,M.Pd. TP
8 Iis Yeni Sugiharti,M.Pd. TP

Kami menunggu generasi muda Indonesia yang memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan dasar di Indonesia, menghasilkan generasi muda yang tangguh dan berwawasan kebangsaan serta menjunjung tinggi seni dan budaya daerah. Bersama PGSD Unswagati Cirebon kita bangun generasi emas Indonesia.