BeautyPlus_20170308104441_save

Download Brosur

Gambaran Umum

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati merupakan satu-satunya program studi bidang pendidikan matematika di wilayah III Cirebon yang telah terakreditasi B di bawah kemenristekdikti versi BAN-PT. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas pelayanan terhadap mahasiswa (termasuk beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan atau memiliki kendala finansial), prestasi dosen dan mahasiswa, fasilitas yang memadai, serta Tridharma Perguruan Tinggi sehingga pada tahun 2020 dapat meraih peringkat Akreditasi A.

Mulai tahun 2014 kami telah menerapkan kurikulum yang membekali mahasiswa dengan keahlian peminatan sehingga diharapkan mampu berkompetisi dan bertahan dalam masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) serta siap menerima tantangan era digital. Mahasiswa tidak hanya disiapkan untuk menjadi seorang akademisi pada bidang pendidikan matematika, tetapi juga siap menjadi analis matematika, analis data dan asisten peneliti, ahli IT di bidang pembelajaran, serta ber-enterpreneur dalam bidang pendidikan melalui mata kuliah yang disebar ke dalam empat bidang peminatan.

Prestasi-prestasi yang telah dicapai para dosen program studi pendidikan matematika pada bidang Tridharma PT telah memberikan iklim pembelajaran positif kepada mahasiswa. Hal ini dibuktikan sejak tiga tahun terakhir 90% mahasiswa program studi pendidikan matematika dapat menyelesaikan studinya tepat waktu 4 tahun. Selain itu, prestasi para dosen di bidang penelitian telah mendorong prestasi mahasiswa di bidang yang sama. Tahun 2016 mahasiswa kami berhasil meraih juara 2 dalam Pekan Essay Tingkat Nasional mengungguli peserta dari berbagai PTN terkemuka di Indonesia.

Hasil penelitian para dosen yang sebagian besar didanai oleh DIKTI melalui hibah kompetitif serta arah kebijakan lembaga yang selalu berorientasi inovasi telah membawa perubahan pada arah penelitian dan produk-produk tugas akhir (skripsi) mahasiswa. Media pembelajaran matematika serta bahan ajar matematika SMP dan SMA berbasis teks maupun IT telah menjadi ciri khas penelitian mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Unswagati.

Sarana & Prasarana

  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Microteaching
  • Bimbingan Skripsi Online
  • Ruang Kelas Ber-AC
  • Perpustakaan
  • Online Learning

Dosen

Mengawali tahun 2017, program studi pendidikan matematika unswagati mendapatkan berita yang sangat menggembirakan berupa diterimanya proposal penelitian dari beberapa tim dosen oleh kemenristekdikti dengan total dana penelitian mencapai Rp. 210 juta. Nama-nama dosen yang merupakan ketua peneliti tersebut adalah:

  1. Muchamad Subali Noto: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Grup Investigasi Berbantuan Geogebra pada Mata Kuliah Geometri Analitik. (Penelitian Dosen Pemula 2017)
  2. Siska Firmasari: Pengembangan Bahan Ajar Analisis Real dengan Taksonomi SOLO dilengkapi Soal-soal Bertingkat Bentuk Superitem. (Penelitian Dosen Pemula 2017)
  3. Cita Dwi Rosita: Bahan Ajar Berbasis Pemahaman dan Representasi Matematis. (Penelitian Dosen Pemula 2017)
  4. Ferry Ferdianto: Pengembangan Bahan ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika Unswagati Cirebon. (Penelitian Dosen Pemula 2017)
  5. Wahyu Hartono: Aplikasi Jaringan Bayes pada Pembuatan Butir Soal Tes. (Penelitian Dosen Pemula 2017)
  6. Neneng Aminah: Desain Instrumen Pengukuran Kemampuan Pedagogic Content Knowledge (PCK) Bagi Calon Guru Matematika. (Penelitian Dosen Pemula 2017)
  7. Trusti Hapsari: Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Differentiated Instruction Pendidikan Karakter. (Penelitian Disertasi Doktor 2017)
  8. Anggita Maharani: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMK melalui Model PBL dengan Metode Team Teaching. (Penelitian Disertasi Doktor 2017)

Dana penelitian yang diperoleh sejak tahun 2014 telah mencapai Rp. 346 juta. Sampai tahun 2020 kami menargetkan dana penelitian mencapai minimal Rp. 1 Milyar. Dosen-dosen kami juga mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional melalui publikasi hasil riset diberbagai jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindeks Scopus. Sebanyak 92% dosen telah tersertifikasi sebagai dosen professional oleh Kemenristekdikti. Berikut ini adalah nama-nama dosen program studi pendidikan matematika FKIP Unswagati. Silahkan di klik untuk mengetahui reputasi mereka.

  1. Dr. H. Ena Suhena P., M.Pd. Doktor Pendidikan Matematika UPI
  2. Cita Dwi Rosita, S.Pd., M.Pd. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika UPI
  3. H. Fuad Nasir, Drs., M.Si. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika UPI
  4. Anggita Maharani, S.Pd., M.Pd. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika UPI
  5. Trusti Hapsari, S.Si., M.Pd. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika UPI
  6. Muchamad Subali Noto, S.Si., M.Pd. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika UPI (Klik disini)
  7. Laelasari, M.Pd. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika UPI
  8. Toto Subroto, S.Si., M.Pd. Kandidat Doktor Pendidikan Matematika UPI
  9. Wawan Irmawan, Drs., M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UPI
  10. Tonah, S.Si., M.Si. Magister Statistika IPB
  11. Neneng Aminah, S.Pd., M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UNNES
  12. Ika Wahyuni, S.Pd., M.Si. Magister Matematika ITB
  13. Ferry Ferdianto, S.T., M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UNNES
  14. Setiyani, M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UNNES
  15. Jajo Firman Raharjo, M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UNNES
  16. Dian Permana Putri, M.Si. Magister Biologi UNBRAW
  17. Nurul Ikhsan K., S.Si., M.Pd Magister Pendidikan Matematika UNNES
  18. Surya Amami Pramuditya, M.Si. Magister Matematika ITB
  19. M. Dadan Sundawan, M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UNPAS
  20. Fahrudin Muhtarulloh, S.Si., M.Sc. Magister Matematika UGM
  21. Herri Sulaiman, S.Si, M.Sc. Magister Matematika UGM
  22. Irmawati Liliana, K.D., M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UNNES
  23. Siska Firmasari, S.Si., M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UNNES
  24. Sri Asnawati, M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UPI
  25. Tri Nopriana, M.Pd. Magister Pendidikan Matematika UPI

Prospek Lulusan

  • Guru PNS/Non PNS
  • Enterpreneur
  • Perusahaan BUMN/BUMD/BUMS
  • Penyelenggara Lembaga Pendidikan
  • Perbankan/ Lembaga Keuangan
  • Mengikuti SM3T
  • Melanjutkan Studi S2 ke Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta

Success Story (Alumni)

“Pembelajaran di kelas yg menarik dengan dosen-dosen yang berkompeten membuat aktifitas di kelas menyenangkan. Setelah lulus, saya mengikuti program pemerintah yakni SM-3T dan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), alhamdulillah berkat segala ilmu saat perkuliahan saya lolos dan bisa mengikuti program tersebut.”

Asep Abdul Rohman, Lulusan 2014
Peraih Beasiswa PPG

“Meskipun saya berasal dari perguruan tinggi swasta, saya sangat bersyukur karena staf pengajar yang berada di program studi pendidikan matematika unswagati sangat profesional pada bidang keilmuannya, ditambah lagi beberapa pengajar yg berasal dari jurusan matematika murni yang menambah keunggulan dari segi keilmuan dalam teori matematikanya, dan sekarang saya merasakan input yang saya peroleh di jenjang S1 tidak kalah dengan lulusan perguruan tinggi negeri sekalipun.”

Benny Anggara, Lulusan 2014
Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika UPI

 

“Prodi Pendidikan Matematika Unswagati saat ini sudah cukup baik dengan didukung dosen yang sesuai dengan standar dan fasilitas yang cukup baik. Dengan Mahasiswa yang cukup banyak diperlukan manajemen yang lebih baik agar pelayanan terhadap mahasiswa maksimal.”

H. Ronianto, Lulusan 1998
Kabid PSMP Disdik Kab. Cirebon

 

“Alhamdulilah setelah lulus dari prodi matematika saya di terima bekerja di salah satu bank swasta ternama dan sekarang saya bekerja di perusahaan BUMN di bidang administrasi. Saya bersyukur karena bisa memberikan hasil terbaik untuk perusahaan dan membawa nama baik almamater. Terima kasih Unswagati dan seluruh dosen-dosen prodi pendidikan matematika.

Faujiah, Lulusan 2014
Pegawai Tetap PT. KAI (Persero)

“Dengan mata kuliah yang begitu kompetitif, saya belajar untuk bisa berkompetisi dengan yang lain terutama untuk memberikan yang terbaik . Saat ini saya bekerja di salah satu Bank BUMN terkemuka.”

Elin Urdiyanti, Lulusan 2014
Pegawai Tetap PT. BNI (Persero) Tbk.

Jadwal Pendaftaran

  • Gel 1: 2 Jan – 28 April 2017
  • Gel 2: 2 Mei – 4 Agustus 2017
  • Gel 3: 7 – 25 Agustus 2017

Biaya Pendaftaran

Jalur PMDK: Rp. 150.000
Jalur Reguler: Rp. 300.000

Pendaftaran Online:

Contact Person:

Iwan Nurdiansyah, S.Sos.
HP/Whastapp: 0852 2425 4055, PIN BB: 5A9255EF