index

Public Speaking for Newscaster Class Goes to Metro TV and TVR

Jakarta – Public Speaking merupakan salah satu mata kuliah pilihan di dalam Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unswagati, pada tahun 2017 ini Public Speaking sudah berjalan optimal selama tiga semester untuk Mahasiswa tingkat 3 semester enam. Nama mata kuliah ini ialah Public Speaking for Newscaster dimana mahasiswa yang masuk ke kelas ini diberikan pengajaran mengenai teori serta tata cara menjadi seorang pembaca warta berita yang baik oleh Ibu Ratna Andhika Mahaputri, S.Pd., M.Hum. yang tak lain sebagai dosen mata kuliah tersebut sekaligus Kaprodi Prodi Bahasa Inggris FKIP Unswagati.

Mata kuliah ini pada bertujuan memberian wawasan untuk menjadi seorang penyiar berita di televisi, tentunya untuk menjadi penyiar televise memerlukan beberapa strategi pembelajaran yang relevan guna memberikan pengetahuan yang sejalur dengan bidangnya. Untuk itu, mata kuliah Public Speaking for Newscaster akan mengadakan outing class atau kunjungan ke METRO TV dan TVRI dimana seperti yang telah kita ketahui bahwa keduanya merupakan stasiun TV dengan 70% program penayangannya berupa berita (news), serta ditayangkan dalam 3 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Hal ini sangat relevan dengan tujuan mata kuliah Public Speaking for Newscaster yakni diharapkan mahasiswa dapat mempelajari mengenai tata cara penyiaran berita yang bukan hanya mendapatkan sebuah teori melainkan pula praktek sebagai pengembangan speaking skill.

Melalui outing class ini mahasiswa dipandu langsung oleh narasumber yaitu Kak Doni yang merupakan koordinator bidang penyiaran sekaligus penyiar berita program English News di TVRI. Sementara di Metro TV mahasiswa  dipandu oleh penyiar International News yaitu Kak Sarah. Dengan demikian, melalui kunjungan tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengetahui secara langsung mengenai proses pengumpulan dan pengolahan informasi berita, tatacara penyiaran berita di layar kaca, hingga tekhnologi realia yang biasa digunakan saat menyiarkan berita. Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mata kuliah, kegiatan ini pun diharapkan juga dapat menjadi fasilitas terbukanya peluang relasi yang baik antara pihak akademisi yaitu Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan pihak pendukung mata kuliah yaitu stasiun televisi METRO TV dan TVRI sehingga kunjungan seperti ini dapat dijadikan kegiatan rutinitas yang baik sebagai penunjang strategi pembelajaran di dunia perkuliahan khususnya Public Speaking for Newscaster. (Ratna)

WhatsApp Image 2017-04-20 at 18.49.32 1 WhatsApp Image 2017-04-20 at 18.50.28