Keluarga Baru ESA

Cirebon – Suatu kesenangan sendiri untuk member ESA bisa memiliki keluarga baru yang merupakan generasi penerus dan pelurus ESA kedepannya. Tepatnya kemarin Senin, (21/11) ESA mengadakan BTO 1 atau Basic Training Organization 1, ini merupakan kegiatan rutin ESA dalam rangka perekrutan member barunya. Acara ini berjalan lancar dan juga meriah dengan jumlah peserta yang banyak yaitu 41 orang, ada dari tingkat 1 dan ada juga dari tingkat 2. Antusiasme mereka sangat terlihat, mereka datang tepat waktu dengan perlengkapan lengkap tentunya. Dilihat dari nama kegiatannya sendiri yaitu Training, para peserta BTO 1 ini diberi bekal materi-materi untuk pribadi mereka kedepannya, materi yang mereka dapatkan diantaranya ada kepemimpinan, keorganisasian dan juga sejarah dari ESA sendiri. Keaktifan para peserta terlihat dalam setiap materi yang diberikan, mereka banyak yang bertanya tentang materi yang sedang disampaikan pada saat itu. Pemateri-pematerinya pun tak kalah antusias, mereka dari member ESA demisioner yang masih berkomunikasi baik dengan member ESA sekarang, mereka memberikan materi yang tidak membuat para peserta bosan.

Selain mendapatkan materi, para peserta juga diberikan pengalaman luar biasa dari para volunteer dari luar negeri atau lebih dikenal dengan peace corps. Mereka diberikan kesempatan untuk membuat kreasi thanks giving yang menarik, kegiatan ini membuahkan canda tawa dari para peserta, mereka juga senang bisa berfoto bersama para bule yang cantik dan tampan kemarin. Untuk mendekatkan para member ESA sebelumnya dengan para calon member ESA yang baru, kegitan BTO 1 memberikan waktu untuk para pejabat teras dan juga departemennya lebih mengenal mereka, mulai dari perkenalan apa itu ESA, dan juga pengenalan program kerja ESA sendiri.

Pada sepertiga malam, para peserta dibangunkan untuk melaksanakan sholat tahajud bersama, kegiatan ini sangat bermanfaat tentunya untuk mereka. Setelah itu mereka dikumpulkan di setiap departemen yang sudah mereka pilih dan juga atas pertimbangan minat dan bakat mereka. Para kepala departemen dan anggotanya, mengenalkan program kerja dan lain-lainnya seputar departemennya pada anggota baru mereka, kegiatan ini membuat kedekatan terjadi antara anggota departemen. Hal yang menarik dari BTO 1 kemarin juga adalah pengucapan harapan dari setiap anggota baru ESA dengan masing-masing dari mereka memegang sebuah lilin dan mereka semua membuat lingkaran besar. Harapan demi harapan diucapkan oleh mereka, dan semua berdoa agar harapan tersebut bisa terkabul.

Pagi harinya, semangat para peserta tidak hilang, justru semangat mereka bertambah, pasalnya mereka diberikan waktu untuk olahraga pagi dan juga bermain game. Game yang diberikan sangat membuat mereka antusias, tawa menggema di kampus 3 Unswagati kemarin, mereka sangat menikmati game tersebut.

Dari pelaksanaan BTO 1 kemarin, diharapkan para anggota baru ESA akan bertanggung jawab sebaik mungkin sebagai anggota ESA kedepannya dan dapat menjalankan program kerja semaksimal mungkin serta memajukan ESA menjadi lebih baik dari sebelumnya (Esa).