SEMINAR PEKAN DIKBASIA 2018

Pekan Dikbasia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia setiap tahunnya. Dalam kegiatan Pekan Dikbasia terdapat beberapa perlombaan yang bersangkutan dengan disiplin ilmu dalam jurusan, dan seminar kesusastraan.

Seminar kesusastraan yang bertema “Menyebarluaskan Semangat Literasi melalui Proses Kreatif Kepenulisan Puisi” dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2018, dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Bertempat di Kampus 2 Unswagati Cirebon, dan mengundang Nissa Rengganis sebagai pematerinya. Nissa Rengganis merupakan sastrawan Cirebon yang sudah menerbitkan buku antologi puisi dengan judul “Manuskrip Sepi”. Dalam seminar ini, membahas tentang alasan dibalik mengapa kita harus menulis dan juga mengenai cara membangun semangat literasi  masyarakat Cirebon khususnya kepada para mahasiswa. Seminar dibuka dengan persembahan musikalisasi puisi berjudul “Hari Kematian Ibu” karya Nissa Rengganis, yang dibawakan oleh grup musikalisasi puisi Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Kegiatan Seminar Pekan Dikbasia tahun 2018 ini diselenggarakan khusus bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unswagati Cirebon. Mahasiswa yang berpartisipasi sejumlah 200 orang dengan antusiasme yang cukup baik. Selama kegiatan Pekan Dikbasia berlangsung, mahasiswa yang berpartisipasi cukup aktif dan kreatif dalam mengembangkan potensi kebahasaan dan kesusastraannya.