workshop_english_teaching_learning

Workshop english teaching & learning

Dalam upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa sekaligus memfasilitasi mereka dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris, maka perlu diselenggarakan sebuah program yang mampu mencapai kedua hal tersebut. Dari pengalaman sebelumnya, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris di dalam kelas ketika mengajar merupakan kelemahan utama mahasiswa selain penguasaan materi ajar, penggunaan metodologi dan strategi mengajar yang tepat.  Oleh karena itu, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris F-KIP Unswagati  berinisiatif untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan dalam bentuk Workshop dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengajar Bahasa Inggris. Kegiatan Workshop ini terselenggara berkat kerjama antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Peace Corps USA, sebuah lembaga yang berada di bawah naungan Department of  State Amerika Serikat yang menyediakan berbagai kegiatan pelatihan dan pendidikan di berbagai Negara.

Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama: “Workshop of Language Teaching and Learning with Peace Corps USA”

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini direncanakan akan diselenggarakan pada hari Sabtu yaitu pada tanggal 8 April 2017 Pukul 09.00-16.00 yang akan dibagi kedalam 2 sesi yaitu sesi I pkl.09.00-12.00  dan sesi II pkl. 13.00-16.00. Tempat pelaksanaan di Kampus 3 Prodi  Bahasa Inggris FKIP Unswagati.

Materi Kegiatan:
Kegiatan ini akan mencakup materi-materi terkait dengan Language Teaching and Learning seperti:

Classroom management and student behavior; sesi ini bertujuan membekali peserta dengan kemampuan pengelolaan kelas dan perilaku siswa. Sesi ini juga akan menyajikan beberapa strategi dan ide kreatif yang bisa digunakan untuk menangani perilaku siswa dan mendorong partisipasi aktif mereka selama proses pembelajaran berlangsung;
Interactive learning activities; sesi ini bertujuan membekali peserta dengan kemampuan untuk merancang dan menjalankan aktifitas pembelajaran Bahasa Inggris yang interaktif sehingga menarik dan mendorong partisipasi aktif semua siswa; dan
Lesson design; sesi ini bertujuan membekali peserta dengan kemampuan untuk mendesain sebuah rencana pembelajaran yang kreatif, menarik, dan komunikatif melalui format yang runut dan sederhana.
Teaching media, sesi ini bertujuan membekali peserta dengan kemampuan untuk membuat dan menggunakan berbagai media yang relevan dengan pembelajaran.